Wulandari, Mega Ika Desi. Abstrak. 2010. Memanajemen data untuk kegiatan administrasi sekolah dan pembelajaran siswa di UPT SDN Bangilan Pasuruan diperlukan agar proses administrasi dan pembelajaran di sekolah menjadi teratur, maka dibangun jaringan komputer yang berbasis Network Attached Storage server di ruang tata usaha dan laboratorium komputer. NAS server yang dibangun dengan menggunakan sistem operasi FreeNAS ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen data supaya data menjadi teratur dan efisien. Dalam pembangunan sistem jaringan ini dibahas lebih rinci mengenai memanajemen data secara teratur dan efisien dengan menggunakan FreeNAS yang berbasis NAS server. Langkah pertama menginstal PC NAS server dengan sistem operasi FreeNAS, lalu konfigurasi dasar FreeNAS dengan memberikan alamat IP pada PC NAS server. Setelah itu konfigurasi NAS server yang meliputi
penambahan disk, penambahan mount point disk, enable service CIFS/SMB, serta
penambahan data share dan user management. Kemudian yang terakhir
konfigurasi Rsync server dan DeltaCopy Client. Untuk mengetahui apakah sistem jaringan yang dibangun dapat berjalan sesuai dengan rancangan, maka dilakukan pengujian sistem operasi pada PC, uji
TCP/IP, uji jaringan dengan cara ping untuk tes konektifitas yang meliputi uji
jaringan lokal yaitu antar PC dalam satu jaringan, uji kerja router dengan tes
konektifitas PC antar ruangan yang berbeda jaringan, uji jaringan NAS server dan
uji jaringan internet dengan cara browsing ke internet . Kemudian yang terakhir
yaitu pengujian NAS server dengan uji security dan user management pada
FreeNAS dengan access list atau login member, serta uji backup data dengan
layanan DeltaCopy Client. Kesimpulan yang dapat diambil dari perancangan dan hasil pengujian
adalah PC NAS server telah berfungsi dengan baik yang ditunjukkan dalam
pengaksesan direktori di dalam NAS server diperlukan login member untuk
menjaga keamanan data, proses pengkopian atau backup data dapat berjalan
dengan lancar tanpa adanya kerusakan pada file atau data yang dicopy.